Sunday, June 11, 2017

Aplikasi Pengenalan Nama-nama benda dengan 3 Bahasa

Aplikasi Pengenalan Nama-nama benda dengan 3 bahasa adalah aplikasi yang saya buat untuk memenuhi nilai UTS di matakuliah Pemrograman Mobile 1. Di aplikasi ini dituntut untuk membuat tampilan yang kreatif, dan dapat menghasilkan suara minimal 3 bahasa.
Oke langsung ke proses pembuatanya saja :
  1. Buka Aplikasi ADT Eclipse
  2. Kemudian buat project dengan nama MariBelajar atau terserah anda.
  3. Untuk pembuatan project sudah saya bahas di blog sebelum-sebelumnya.
  4. Jangan lupa sebelum membuat project, kita perlu menyiapkan gambar, baik wallpaper maupun untuk kepentingan lainnya nanti.
  5. Nah, selanjutnya jika sudah jadi project barunya, kemudian pada activity_main.xml isikan script berikut :
Ini merupakan tampilan awal yang ketika di jalankan aplikasinya.

  1. Selanjutnya pada MainActivity.java isikan script berikut :
Script ini adalah script untuk berpindah ke layout berikut ketika tombol mulai ditekan.

  1. Pada aplikasi ini banyak digunakan file java dan xml, jadi disini kita menambahkan :
  • Nama_Benda.java
  • activity_namabenda.xml

pada activity_namabenda.xml isikan script berikut :
E:\Hendra Agus\SEMESTER IV\Pemrograman Mobile 1\Laporan\Blog10\5.JPGE:\Hendra Agus\SEMESTER IV\Pemrograman Mobile 1\Laporan\Blog10\4.JPGE:\Hendra Agus\SEMESTER IV\Pemrograman Mobile 1\Laporan\Blog10\3.JPGE:\Hendra Agus\SEMESTER IV\Pemrograman Mobile 1\Laporan\Blog10\6.JPG
Script ini merupakan tampilan kedua setelah diklik tombol mulai, dan ini akan menampilkan daftar nama-nama benda.

Pada Nama_Benda.java isikan script berikut :
E:\Hendra Agus\SEMESTER IV\Pemrograman Mobile 1\Laporan\Blog10\8.JPGE:\Hendra Agus\SEMESTER IV\Pemrograman Mobile 1\Laporan\Blog10\7.JPGE:\Hendra Agus\SEMESTER IV\Pemrograman Mobile 1\Laporan\Blog10\9.JPG
Script ini berfungsi memanggil layout dari masing-masing benda.

  1. Kemudian untuk mengisi suara bisa anda buat terlebih dahulu folder raw di dalam folder res, dan copykan seluruh suara yang di perlukan di folder raw tersebut.

  1. Setelah tercopy suara, selanjutnya tinggal membuat tampilan dari masing-masing layout benda, disini saya hanya akan mencontohkan 1 saja, karena sama semua script layout maupun pemanggilan di file javanya, tinggal ganti sesuai kebutuhan,
  2. Pada activity_celana isikan script berikut :
E:\Hendra Agus\SEMESTER IV\Pemrograman Mobile 1\Laporan\Blog10\11.JPGE:\Hendra Agus\SEMESTER IV\Pemrograman Mobile 1\Laporan\Blog10\12.JPG
Script ini untuk menampilkan layout dari celana

  1. Selanjutnya pemanggilan suara di file Celana.java. isikan script berikut :
E:\Hendra Agus\SEMESTER IV\Pemrograman Mobile 1\Laporan\Blog10\14.JPGE:\Hendra Agus\SEMESTER IV\Pemrograman Mobile 1\Laporan\Blog10\13.JPGE:\Hendra Agus\SEMESTER IV\Pemrograman Mobile 1\Laporan\Blog10\15.JPG
Script ini untuk pemanggilan suara yang sudah di simpan di folder raw tadi, jadi untuk keseleruhan benda, sama scriptnya, tinggal menambahkan layout baru dan script java pada masing-masing nama bendanya.

  1. Setelah selesai, simpan. (untuk benda sendiri ada 10 macam). Dan jalankan aplikasinya :
E:\Hendra Agus\SEMESTER IV\Pemrograman Mobile 1\Laporan\Blog10\17.JPGE:\Hendra Agus\SEMESTER IV\Pemrograman Mobile 1\Laporan\Blog10\16.JPGE:\Hendra Agus\SEMESTER IV\Pemrograman Mobile 1\Laporan\Blog10\18.JPG

  1. Sekian pembuatan aplikasi pengenalan nama benda dengan 3 bahasa.

No comments:

Post a Comment